MAKALAH TAKSONOMI BLOOM PDF

MAKALAH mkd widyia MAKALAH mkd makalah- About 92, results found matching keyword Makalah Taksonomi Bloom. Home · Makalah Tentang Taksonomi Bloom. Makalah Tentang Taksonomi Bloom . Click the start the download. DOWNLOAD PDF. Report this file. Description. Deskripsi Singkat Revisi Taksonomi Bloom. Deskripsi Singkat Revisi Taksonomi Bloom. Elisabeth Rukmini. Abstract. The Bloom’s taxonomy revision mainly.

Author: Shakaran Bakazahn
Country: Dominica
Language: English (Spanish)
Genre: Politics
Published (Last): 9 February 2009
Pages: 475
PDF File Size: 14.86 Mb
ePub File Size: 5.50 Mb
ISBN: 390-5-88667-628-5
Downloads: 76105
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Daik

Saya mengajar bahasa arab peminatan.

Karena itu, penyusunan urutan indikator pencapaian kompetensi perlu memperhatikan struktur keilmuan yang bersangkutan. Mungkin perubahan ini tidak serta merta tetapi bertahap. Lihat tabel di atas. Perhatikan contoh tujuan pembelajaran berikut: Hal ini berkaitan dengan fungsi indikator pencapaian kompetensi sebagai tolok ukur penguasaan kompetensi twksonomi.

Keberhasilan identifikasi unit taksonomu unsur yang esensial ini diindikasikan dengan indikator pencapaian kompetensi IPK. Pada level C2 yaitu memahami, dimensi pengetahuannya adalah pengetahuan tentang konsep-konsep, dan seterusnya.

Pada Taksonomi Bloom yang lama, tingkatan C1- C6 dalam ranah kognitif adalah sebagai berikut: Kata-kata kerja ini disebut dengan Kata Kerja Operasional.

Saya sdh beberapa kali belajar membuat IPK. Semoga Allah swt membalas kebaikann panjenengan.

Konsep taksonomi Bloom seperti yang telah disebutkan di atas, telah mengalami revisi atau perbaikan. Suatu kompetensi dapat dikuasai siswa karena berlatih sedikit demi sedikit menerapkan ilmu-ilmu dasar yang sudah dikuasai sebelumnya.

Indikator Pencapaian Kompetensi IPK

Pada Taksonomi Bloom yang lama, tingkatan C1- C6 dalam ranah kognitif adalah sebagai berikut:. Indikator Pencapaian Kompetensi IPKselain berfungsi sebagai penanda dikuasainya sebuah kompetensi dasar juga berfungsi sebagai acuan penentuan tujuan pembelajaran.

Adapun proses dalam ranah kognitif ini adalah: Taksonomi Bloom adalah klasifikasi tujuan pendidikan menjadi tiga ranah atau dimensi, yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Apabila sebuah kata kerja operasional KKO dapat mewakili beberapa kata kerja operasional detail atau spesifik maka kata kerja operasional tersebut dapat dipastikan sebagai kata kerja operasional indikator pencapaian kompetensi ipk.

  KAKABABU SAMAGRA 5 PDF

Mohon penjelasan dan contohnya pak. Proses atau hasil belajar siswa ini bersifat spesifik satu tingkah laku spesifik.

Page – Search Makalah Taksonomi Bloom –

Adapun proses dalam ranah kognitif ini adalah:. Tentunya sekolah harus menyesuaikan nomenklatur program pendidikan yang diselenggarakan. KKO nya antara lain …. Pada dasarnya, masing-masing kategori tetap disusun secara hirarki dari urutan terendah ke urutan yang lebih tinggi, dari C1 hingga C6.

MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN

Wah bagus sekali penjelasan nya pak. Mengingat prinsip-prinsip dasar tersebut maka dalam proses analisis, Indikator Pencapaian Kompetensi IPK perlu disusun dengan memperhatikan prinsip di atas. Bagaimana cara mengisi tiap kolom aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan pada ipk. Proses kognitif yang dilalui adalah: Jadi, indikator pencapaian kompetensi itu, adalah kompetensi-kompetensi pokok yang menandai seorang siswa menguasai kompetensi yang lebih luas cakupannya.

Memberi contoh exampliying atau mengilustrasikan: Berdasarkan uraian diatas, dapat diketahui perbedaan-perbedaan antara taksonomi Bloom yang lama dengan taksonomi Bloom hasil revisi.

Penjelasan tentang IPK sangat saya perlukan. You are commenting using taksono,i Facebook account. Dalam ranah kognitif, keterampilan intelektual dibagi pada tingkatan-tingkatan, maaklah C1 sampai dengan C6.

Ranah afektif berkaitan dengan afeksi atau rasa. Penting bagi kita untuk melakukan kroscek apakah kata kerja operasional yang kita pilih dapat mewakili beberapa kompetensi rinci.

Pak Endarto penjelasan tentang penyusun IPK tolong saya dikirimi via tatasuroso hotmail. Selain adanya perubahan ranah atau tingkat kognitif tertinggi dalam taksonomi yang berakibat pada perubahan tujuan akhir pendidikan yang ingin dicapai, dalam taksonomi Bloom yang direvisi ranah kognitif sintesis tidak ada.

Adapun proses dalam ranah kognitif tingkat ini meliputi: Penyegaran Mengabdi untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia. Jika kita membuat IPK di bawah taksonomi KD nya kemudian kita pakai sebagai pengukur keberhasilan KD tsb maka sesungguhnya kita membuat instrumen di bawah KD … ini berarti kita mengukur Takeonomi dengan instrumen evaluasi yang levelnya di bawah KD ….

  LES RITES DE PASSAGE ARNOLD VAN GENNEP PDF

ANALISIS KRITIS RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM | naturesecrets

Siswa akan memahami pengetahuan yang disampaikan atau diperkenalkan terlebih dahulu oleh guru. Pemahaman kemampuan memahami makna dari apa yang dilihat dan dipelajari dan melihat hal tersebut dari berbagai segi. Menemukan makna tersirat attributing: Dengan tercapainya ranah kognitif tertinggi yaitu mencipta atau berkarya, siswa lebih bisa mengimplementasikan pengetahuan yang telah ia dapat ke dalam bentuk atau objek yang nyata. Indikator Pencapaian Kompetensi IPKseperti disinggung di atas, menjadi tolok ukur ketercapaian suatu kompetensi dasar.

Oleh karena itu maka indikator pencapaian kompetensi juga menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Model penciptaan suatu karya yang baru atau pembuatan suatu proyek lebih dapat memacu siswa untuk berpikir kritis dan terpadu dengan memanfaatkan pengetahuan-pengetahuan yang telah diperoleh selama proses belajar dibandingkan dengan kemampuan untuk menilai suatu situasi tanpa mencari solusi dari kesalahan yang haksonomi dalam situasi tersebut.

Kata-kata kerja yang merepresentasikan tingkatan atau dimensi proses kognitif ini cukup variatif. Mengklasifikasi Classifying atau mengelompokkan: Jadi, jelas sekali, ketika soal-soal evaluasi sudah dibuat bloim pada indikator pencapaian kompetensi yang esensial dan peserta didik mampu mengerjakannya dengan benar maka peserta didik yang bersangkutan sudah menguasai kompetensi dasar. Dengan demikian, siswa selalu dilatih untuk menjadi seseorang yang kritis.

tqksonomi Dengan kata lain dapat dinyatakan unit kompetensi yang lebih rinci ini merupakan sub kompetensi dasar. Pengetahuan tidak cukup hanya untuk dipelajari, namun lebih diutamakan untuk dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengintegrasian analisis dan sintesis dilakukan karena siswa akan secara otomatis melakukan sintesis setelah ia selesai menganalisis materi yang telah diterima dengan tujuan untuk memudahkan proses belajarnya secara keseluruhan.